Connect with us

Ekonomi & Bisnis

Helpster, Platform untuk Pencari Kerja Sementara di Asia Tenggara

Published

on

helpster_client_appra

 

HELPSTER, startup berusia dua tahun yang menghubungkan pekerja kerah biru dengan majikan di Asia Tenggara, telah mendapatkan pendanaan baru senilai $ 2,5 juta.

Startup yang  beroperasi di Thailand dan Indonesia ini, didukung  oleh sekitar 50 staf di  Bangkok dan Jakarta. Hal ini bertujuan untuk membantu para pekerja,   dengan mewawancarai  dan memeriksa para pekerja secara dekat dengan  menggunakan teknologi – terutama aplikasi selulernya – untuk meningkatkan hubungan pekerja-majikan dalam waktu temporer.

Perusahaan memperkirakan bahwa 40 persen dari 100 juta pekerja semi-terampil di seluruh Asia Tenggara bekerja freelance.

Pendekatan Helpster memungkinkan pekerja memilih jadwal dan jenis pekerjaan mereka sendiri melalui aplikasi, yang secara otomatis akan menawarkan mereka pertunjukan di sekitar waktu yang ditentukan. Secara finansial, mereka mempertahankan upah penuh karena membebani klien secara terpisah daripada memotong gaji mereka. Pekerja juga dapat memperoleh bonus dan mendapatkan asuransi kesehatan dan jaminan sosial ketika mereka bekerja selama beberapa hari.

Untuk majikan, selain dari staf yang diperiksa, fokusnya adalah pada kesederhanaan. Petugas bantuan menangani perekrutan, pengalokasian pekerjaan, kehadiran karyawan dan pembayaran di satu tempat.

“Kami benar-benar ingin membedakan diri dari portal atau aplikasi pekerjaan,” kata CEO dan co-founder Matthew Ward seperti dikutip  TechCrunch. “Kami menyaring dan memeriksa semua pekerja dan melakukan pemeriksaan latar belakang.”

Selain klien yang lebih besar, Ward mengatakan, Helpster membawa model konsultan perekrutan tradisional ke UKM, yang pemain tradisional “tidak akan menyentuh” ​​karena pendapatan yang lebih rendah ditawarkan.

Helpster telah melayani lebih dari 500 klien, sebagian besar di industri makanan dan perhotelan, meskipun juga memiliki klien yang sedang berlangsung di pergudangan, logistik dan banyak lagi, kata Ward.

Pendanaan baru yang diperoleh startup ini adalah putaran Pra-Seri A yang melihat investor yang ada termasuk Ventura Konvergensi dan Mitra Wavemaker kembali dengan dukungan tambahan. Mojo Partners, sebuah dana berbasis di Singapura yang didirikan oleh keluarga miliarder di belakang Hotel Properties, adalah kedatangan baru yang memimpin putaran itu. Startup sebelumnya mengumpulkan $ 2,5 juta pada November 2016.

Ward mengatakan dana yang diperolehnya itu  akan digunakan untuk menggandakan teknologi, khususnya untuk membantu meningkatkan pembelajaran mesin dan layanan data yang mengumpulkan informasi tentang keandalan pekerja dan kesesuaian terbaik antara pekerja dan klien.

Helpster tidak berencana untuk memperluas ke bagian lain di Asia Tenggara, yang kini memiliki lebih dari 300 juta pengguna internet, tetapi, menurut Ward, mungkin diluncurkan di kota-kota baru di Thailand dan Indonesia. Lokasi hotel-sentris seperti Bali dan Phuket bisa masuk daftar untuk tahun depan.

“Kami ingin memastikan bahwa kami benar-benar mendapatkan pangsa pasar yang kuat di dua negara tempat kami berada lebih dulu,” jelasnya.

Ward dan rekan sesama pendiri Helpster, John Srivorakul (CTO) sebelumnya bekerja bersama di startup media digital Admax, yang dijual kepada Komli.

Srivorakul juga merupakan pendiri Ensogo, yang diakuisisi oleh LivingSocial, dan dia telah terlibat dengan firma investasi yang sudah tidak aktif lagi, Ardent Capital dan startup aCommerce, di mana saudaranya Paul adalah CEO.***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *