Connect with us

Sport

Gianluigi Buffon Cetak Rekor di Liga Champions

Published

on

Gianluigi Buffon

PRESTASI yang dilakoni Gianluigi Buffon, sangat membanggakan. Ya, dia baru saja mengantarkan Juventus ke final Liga Champions usai mengalahkan AS Monaco dengan skor 2-1 (agregat 4-1) pada pertandingan leg kedua semifinal Liga Champions 2016-2017.

Sebelum di Turin pada Rabu (10/5) dini hari WIB itu, Juventus telah mencatatkan enam kali clean sheet secara beruntun di kompetisi Liga Champions musim ini.

Gol dari striker Monaco Kylian Mbappe pada menit ke-69 yang memperkecil kekalahan jadi 1-2, memang telah mengakhiri rekor clean sheet Juventus dan capaian kiper Gianluigi Buffon. Namun hal tersebut telah terbayarkan dengan kepastian pasukan I Bianconeri tampil di laga puncak yang akan berlangsung di Cardiff, Wales pada 4 Juni mendatang.

Terakhir kali Buffon kebobolan bermain di kandang terjadi pada bulan November 2016, saat Juventus bertanding melawan Sevilla. Di mana, pada laga fase grup Liga Champions tersebut, Juventus meraih kemenangan dengan skor 3-1. Setelah laga tersebut, gawang Buffon tidak lagi pernah kebobolan sama sekali.

Sebelum kebobolan oleh gol Mbappe, Buffon telah mencatatkan 600 menit tanpa kebobolan di Liga Champions musim ini. Pencapaian tersebut membuatnya menempati posisi kelima dalam daftar kiper yang tidak kebobolan berdasarkan menit pertandingan.

Selain itu, Juventus sendiri juga mencatatkan dua catatan spesial, yaitu 690 menit tanpa kebobolan dan enam clean sheet secara beruntun. Untuk catatan tidak kebobolan dalam enam pertandingan, Juventus menyamai catatan milik Ajax, Chelsea dan Panathinaikos.

Berikut rekor penjaga gawang tanpa kebobolan berdasarkan menit pertandingan di Liga Champions:

853 menit: Jens Lehmann (Arsenal)

737 menit: Keylor Navas (Real Madrid)

658 menit: Edwin Van der Sar (Manchester United)

623 menit: Dida (AC Milan)

600 menit: Gianluigi Buffon (Juventus)

Berikut rekor klub tanpa kebobolan berdasarkan menit pertandingan di Liga Champions:

995 menit: Arsenal

690 menit: Juventus

686 menit: Chelsea

658 menit: Ajax

623 menit: AC Milan. ***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *