Connect with us

IT & Internet

Facebook Kucurkan Dana Besar Cegah Intervensi Rusia

Published

on

FECEBOOK menghabiskan dana banyak  untuk menghindari terulangnya campur tangan Rusia sebagaimana yang dimainkan pada layanannya mereka pada tahun 2016.

Facebook menempuh langkah ini dengan  mengajak  ribuan moderator manusia dan sistem kecerdasan buatan canggih (kecerdasan artifisial) untuk menyaring akun palsu dan mencegah kampanye propaganda asing.

Tapi langkah itu mungkin tidak sepenuhnya dpat mengatasi keadaan.  Masalahnya, musuh yang dihadapi  dalam hal ini sangat cerdik, lebih mahir dalam menyamarkan diri mereka sendiri dan tampaknya tidak selalu dapat dideteksi oleh kecerdasan artifisial (AI) yang disiapkan oleh Facebook.

Mereka menggunakan keamanan operasional yang lebih baik, terus-menerus menguji penanggulangan Facebook dan kemudian memanfaatkan lubang apa pun yang mereka temukan.

“Mereka memiliki banyak orang teknis yang sangat baik dan cerdas, yang menilai situasi sepanjang waktu dan mempermainkan sistem,” kata Mike Posner, mantan diplomat AS yang memimpin Stern Center for Business and Human Rights di New York University.

Saat  pemilihan paruh waktu AS yang kian hampir dan pentingnya memperbarui pengawasan di Capitol Hill, Facebook mengungkapkan pada minggu ini bahwa pihaknya telah menemukan dan menghapus 32 akun dan halaman yang tampaknya palsu.

Akun-akun tersebut dirancang untuk memanipulasi opini politik orang Amerika menggunakan taktik yang serupa dengan yang diadopsi menjelang pemilihan presiden tahun 2016 pada layanan media sosial, termasuk Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, Tumblr, dan Reddit.

Namun, kali ini, siapa pun yang bertanggung jawab melakukan pekerjaan yang lebih baik dengan menyembunyikan jejak mereka. Mereka membeli iklan dengan dolar AS atau Kanada, bukan rubel, dan menggunakan jaringan pribadi virtual dan metode lain untuk terlihat lebih mirip orang yang masuk dari lokasi AS.

“Organisasi ofensif meningkatkan teknik mereka setelah mereka terungkap,” kata Chief Security Officer Facebook Alex Stamos dalam posting blog Selasa. Itu juga membuat lebih sulit untuk mengetahui siapa musuh Facebook saat ini.

“Karena operasi 2016 secara luas dilihat  sukses, itu berarti sejumlah pemain lain kemungkinan akan memasuki lapangan,” kata Thomas Rid, seorang profesor studi strategis di Universitas Johns Hopkins yang menulis buku tentang upaya disinformasi abad ke-20. .

Sama seperti selama Perang Dingin – ketika agen Soviet berpura-pura menjadi Ku Klux Klan untuk memicu pembagian rasial – strategi tetap untuk “memperkuat pinggiran, meningkatkan ekstrimis ekstrem kanan dan ekstremis kiri pada saat yang sama,” kata Rid.

Facebook belum mengatakan siapa yang bertanggung jawab atas kampanye pengaruh terbaru. Akun palsu, bagaimanapun, mirip dengan yang dibuat dari 2014 hingga 2016 oleh Badan Riset Internet, yang disebut troll farm yang berbasis di St. Petersburg, Rusia. Pada bulan Februari, penasihat khusus AS Robert Mueller mendakwa 13 orang yang terkait dengan IRA karena merencanakan untuk mengganggu pemilihan 2016.

The Atlantic Council, sebuah think tank yang berbasis di Washington yang bekerja dengan Facebook untuk menganalisa disinformasi seputar pemilihan di seluruh dunia, menganalisis delapan dari 32 halaman dan menyumbang satu hari sebelum Facebook menutupnya. Sementara para peneliti menemukan halaman meninggalkan “beberapa petunjuk untuk identitas mereka” dibandingkan dengan akun Rusia Facebook ditutup pada bulan April, mereka melihat bahwa lebih banyak posting menghindari teks bahasa Inggris yang mendukung meme atau grafik lainnya.

Teks semacam itu dapat menghasilkan kesalahan tata bahasa yang biasa bagi penutur bahasa Rusia. Beberapa dipotong di posting yang menggunakan teks, seperti kesalahan konjugasi antara bentuk kata kerja tunggal dan jamak dan penyalahgunaan artikel seperti “a” dan “yang.”

Digital Forensic Research Lab Dewan menemukan banyak akun mirip dengan halaman IRA dalam pendekatan, taktik, bahasa, dan konten mereka – khususnya, penargetan demografi spesifik seperti feminis, kulit hitam, Amerika Latin, dan aktivis anti-Trump.

“Semakin jelas bahwa aktivitas IRA hanya mewakili sebagian kecil dari total upaya Rusia di media sosial,” kata Senator Demokrat Mark Warner, berbicara pada hari Rabu pada sidang Komite Intelijen Senat. “Kenyataannya, para agen IRA hanyalah orang-orang yang tidak kompeten yang membuatnya mudah tertangkap.”

Para ahli, sementara itu, memperingatkan bahwa alat AI Facebook bukanlah obat mujarab. Alat tersebut dapat membantu moderator manusia mengidentifikasi postingan yang menjamin tampilan lebih dekat, tetapi mereka tidak dapat melakukan pekerjaan itu sendiri.

“Beberapa ribu moderator semua akan memiliki kriteria yang sedikit berbeda yang mereka temukan,” kata Joanna Bryson, seorang ilmuwan komputer di University of Bath. “Tidak mudah untuk menyelinap karena hanya dengan satu algoritme.”

Miles Brundage, seorang peneliti di Institut Masa Kemanusiaan Universitas Oxford, mengatakan bahwa Facebook AI adalah untuk “permainan kucing dan tikus dari penggelapan dan deteksi” dengan musuh yang dapat mencoba teknik yang berbeda sampai mereka menemukan sesuatu yang berhasil.

Facebook, yang tahun lalu mengatakan akun-akun yang terhubung dengan IRA menghasilkan 80.000 pos yang bisa mencapai 126 juta orang, bukan satu-satunya jaringan media sosial yang ditargetkan oleh orang Rusia. Twitter mengatakan kepada Kongres Oktober lalu bahwa ia menutup lebih dari 2.700 akun yang terkait dengan IRA, tetapi hanya setelah mereka mengeluarkan 1,4 juta tweet terkait pemilu.

Google juga mengatakan menemukan dua akun terkait dengan grup Rusia yang membayar iklan senilai hampir $ 5.000 selama pemilihan 2016, serta 18 saluran YouTube yang kemungkinan didukung oleh agen Rusia.

Untuk saat ini, bagaimanapun, Facebook sendirian dalam upaya mengungkap masalah tambahan. Google tidak segera menanggapi ketika dihubungi untuk melihat apakah telah menemukan upaya pengaruh lebih lanjut. Twitter tidak berkomentar, dan dalam sebuah pernyataan, Reddit menghindari pertanyaan itu, hanya mengatakan bahwa selalu ada langkah-langkah untuk “mencegah atau membatasi” tindakan jahat.

Secara umum, perusahaan teknologi enggan berbagi segalanya – atau apa pun – mereka temukan dengan publik, bahkan saat mereka bekerja di belakang layar dengan penegak hukum dan pejabat intelijen.***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *