Connect with us

Feature

Energi Terbarukan: China Pimpin Ekspansi Energi Surya

Published

on

 

PENGEMBANGAN energi terbarukan telah  membuat catatan baru, dimana  tenaga surya kini  menjadi makin lebih murah  daripada energi  pembangkit listrik tenaga batubara atau nuklir baru sekalipun. China dan pemain lain di Asia,  melakukan terobosan serius ke pasar untuk energi terbarukan ini.

Menurut Laporan tahunan energi terbarukan global  yang diterbitkan Jaringan Kebijakan Energi Terbarukan untuk abad ke-21 (REN21) belum lama ini,  sebanyak  161 gigawatt (GW) telah dipasang di seluruh dunia pada tahun 2016, sehingga meningkatkan  kapasitas global menjadi hampir 2.017 GW, naik  hampir 9 persen dari tahun 2015. Dan tenaga surya mewakili sekitar 47 persen dari kapasitas itu, dengan tenaga angin mencapai porsi 34 persen,  dan tenaga air sebesar 15,5 persen.

“Dunia menambahkan kapasitas daya terbarukan lebih banyak setiap tahun daripada menambahkan kapasitas baru dari semua bahan bakar fosil yang digabungkan,” kata Arthouros Zervos, ketua REN21.

Generasi surya, khususnya, melonjak di seluruh dunia dengan kecepatan yang jauh lebih cepat dari perkiraan, menurut Global Market Outlook terbaru.

Laporan tersebut —yang diterbitkan setiap tahun oleh asosiasi industri SolarPower Europe— memberikan gambaran menyeluruh mengenai proyek di sektor fotovoltaik. Ini memprediksi booming energi matahari akan terus berlanjut, dengan jumlah  pemanfaatan sistem tata surya baru yang terus meningkat setiap tahun.

Tahun ini, mereka berharap pembangkit mampu menghasilkan tenaga surya sebesar 81 GW untuk ditambahkan pada  produksi energi secara global. Hal itu jika  dibandingkan dengan 77 GW yang ditambahkan pada tahun 2016 dan 50 GW pada tahun 2015. Bayangkan, pada satu dekade sebelumnya, capaiannya  hanya 1 GW.

Jika laju pertumbuhan tidak melambat, demikian  laporan itu memberi catatan, pembangkit tenaga surya bisa berlipat ganda pada akhir 2019 dan tiga kali pada tahun 2021.

 

Cina memimpin jalan?

Cina adalah salah satu kekuatan pendorong di balik ledakan pemanfaatan tenaga surya. Tahun lalu, sekitar 45 persen instalasi tenaga listrik surya baru di dunia dibangun di sana. Amerika Serikat, Jepang dan India juga merupakan pengadopsi teknologi ini, meskipun secara signifikan berada di belakang China.

Jerman, yang pernah dianggap sebagai pelopor energi matahari, tertinggal lebih jauh lagi. Pada 2016, misalnya, dipasang di bawah 2 persen kapasitas surya baru di dunia. Sekarang posisi Jerman ada di peringkat keenam di dunia, setelah menyerahkan posisi teratas ke China pada tahun 2015.

 

Negara-negara Eropa lainnya,  juga telah turun dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2012, lebih dari setengah dari semua sistem energi  surya dipasang di Eropa, tapi bukan itu lagi masalahnya.

“Pemerintah China  secara konsisten telah mempercepat pengembangan energi surya untuk pabrik kecil dan besar, membangun tenaga surya menjadi sektor industri strategis,” James Watson, chief executive SolarPower Europe.

“China telah banyak berinvestasi dalam teknologi ini, karena mengetahui bahwa ini adalah fondasi masa depan pasokan listrik. (Sebenarnya) sepuluh tahun yang lalu, di Eropa dan Amerika Serikat,  juga memiliki kesempatan yang sama untuk melakukan ini.”

 

Berjalan di bawah sinar matahari

Turunnya harga teknologi solar juga mendorong pertumbuhan pemanfaatan energi matahari. Pada 2010, biaya energi matahari mencapai 35 sen per kilowatt hour. Kini, negara dengan banyak sinar matahari, seperti Arab Saudi dan Cile, sedang membangun pembangkit tenaga surya besar yang menghasilkan listrik 2-3 sen per kilowatt hour. Nilai ekonomis semacam bahkan bisa dicapai di Jerman, yang memiliki wilayah I yang tidak mendapatkan sinar matahari hampir sama banyaknya.

“Kami telah mengajukan penawaran untuk sistem tenaga surya yang besar dan kami telah melihat bahwa harga di Jerman sekitar 6 sen per kilowatt jam,” kata Udo Möhrstedt, kepala perusahaan energi Jerman IBC Solar. “Dan di India, pembangkit listrik di proyek kami berharga 4,6 sen.”

Menurut laporan SolarPower Europe, listrik dari pembangkit matahari besar menghabiskan biaya setengah dari pembangkit listrik tenaga batubara dan nuklir baru. Ini juga mendapat keuntungan dari gas.

“Saat ini, proyek pemanfaatan energi surya besar, umumnya lebih murah daripada pembangkit listrik tenaga gas, batubara dan nuklir baru. Dan tenaga surya dari panel atap rumah biasanya juga lebih murah daripada listrik dari grid,” kata Watson.

Laporan REN21 mencatat bahwa grid mini dan sistem energi yang berdiri sendiri berkembang dengan cepat, seperti juga pertumbuhan model bisnis bayar-as-you-go yang didukung oleh teknologi mobile.

Pada tahun 2012, investasi di perusahaan surya yang menggunakan teknologi ini hanya $ 3 juta (2,6 juta euro). Pada tahun 2015, angka itu meningkat menjadi $ 158 juta, dan $ 223 juta pada tahun 2016.

REN21 mengatakan, inovasi dan terobosan teknologi penyimpan energi memberikan fleksibilitas tambahan bagi produsen energi terbarukan. Perusahaan energi konvensional juga tertarik untuk memanfaatkan popularitas matahari yang meningkat dan pergeseran global menuju energi terbarukan. Awal tahun ini, Innogy – salah satu anak perusahaan produsen energi terbesar kedua Jerman RWE—  mengambil alih pengembang surya Belectric Solar & Battery.

Saat diminta untuk menjelaskan langkah tersebut, CEO Innogi Peter Terium mengatakan, bahwa perusahaan tersebut ingin “mengembangkan permintaan energi dan membuka perspektif baru.” Dia menambahkan bahwa proyek fotovoltaik dengan kapasitas total 1.000 megawatt untuk kawasan Teluk sudah berada dalam jalur pipa.

 

Pertumbuhan tak terbendung

Sejauh ini, Eropa, Asia dan Amerika Serikat terutama bertanggung jawab atas perluasan tenaga surya. Selama lima tahun ke depan, menurut laporan Global Market Outlook, pembangkit tenaga surya akan naik tajam  atau bahkan berlipat ganda, di China dan AS. Di Eropa, diperkirakan akan meningkat sekitar 50 persen.

India juga meningkatkan investasinya di bidang solar sejalan dengan rencana untuk menghentikan pembangunan pembangkit listrik tenaga batu bara baru. Laporan itu juga mengatakan, saat ini 10 GW tenaga surya yang terpasang bisa meningkat menjadi sekitar 76 GW dalam lima tahun ke depan.

Negara lain, termasuk Brasil, Meksiko, Aljazair, Mesir, Arab Saudi, Irlandia, Swedia, Turki dan Pakistan, baru saja mulai memasuki pasar ini.

Perjanjian Iklim Paris yang ditandatangani pada tahun 2015 juga telah menambahkan momentumnya. “Memenuhi target Paris membatasi pemanasan global menjadi 1,5 derajat akan membawa upaya besar,” Watson menekankan.

“Pada Konferensi Iklim Paris ada banyak kesadaran yang ditunjukkan oleh pemerintah kita, dan inilah kesadaran yang akan membawa banyak manfaat bagi pembangunan matahari.”

Namun, laporan REN21 memperingatkan bahwa transisi ke energi terbarukan tidak terjadi cukup cepat untuk mencapai tujuan kesepakatan Paris. Dikatakan bahwa investasi di sektor ini telah turun, dengan dana untuk instalasi energi terbarukan baru turun 23 persen dibandingkan tahun 2015.

Di negara berkembang dan emerging markets, investasi energi terbarukan – terutama di angin dan matahari – turun 30 persen menjadi $ 116,6 miliar (103 miliar euro) pada 2016. Di negara maju, investasi turun 14 persen menjadi $ 125 miliar. Laporan REN21 menunjukkan bahwa subsidi untuk bahan bakar fosil dan tenaga nuklir masih “secara dramatis melebihi teknologi terbarukan.”

“Dunia berkejar-kejaran melawan waktu. Hal terpenting yang bisa kita lakukan untuk mengurangi emisi CO2 dengan cepat dan hemat biaya adalah mengurangi batubara dan mempercepat investasi dalam efisiensi energi dan energi terbarukan,” kata Christine Lins, sekretaris eksekutif REN21.

“Ketika China mengumumkan pada  Januari lalu bahwa pihaknya telah membatalkan lebih dari 100 pabrik batubara yang saat ini dalam pembangunan, mereka memberi contoh bagi pemerintah di dunia bahwa  perubahan terjadi dengan cepat ketika pemerintah bertindak —dengan menetapkan sinyal kebijakan dan keuangan yang jelas, jangka panjang dan insentif,” katanya.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *