Connect with us

Kesehatan

Diagnosis kanker terkait dengan peningkatan risiko diabetes

Published

on

ORANG-orang yang didiagnosis mengidap kanker, mungkin lebih berisiko menderita diabetes, demikian kesimpulan sebuah penelitian Korea Selatan.

Penelitian yang  melibatkan 524.089 pria dan wanita, usia 20 hingga 70 tahun, yang tidak memiliki kanker atau diabetes di awal. Pada saat separuh partisipan telah menjalani partisipasi selama setidaknya tujuh tahun, sebanyak 15.130 orang telah terkena kanker dan 26.610 telah mendapat diabetes.

Pasien kanker 35 persen lebih mungkin menderita diabetes dibandingkan orang tanpa kanker, demikian temuan studi. Kelebihan diabetes yang terkait dengan tumor bertahan, bahkan setelah memperhitungkan faktor risiko diabetes lainnya seperti obesitas, merokok dan minum alkohol.

“Alasan mengapa pasien dengan kanker mungkin berisiko tinggi diabetes, tidak jelas,” kata penulis riset senior, Juhee Cho dari Sungkyunkwan University di Seoul, Korea Selatan.

Dalam beberapa kasus, kanker itu sendiri atau perawatan yang digunakan untuk membasmi tumor, dapat menyebabkan diabetes, kata Cho.

Selain itu, Cho mengatakan, “kanker adalah pengalaman yang sangat menegangkan, terkait dengan beberapa episode stres tinggi seperti infeksi, episode perdarahan, dan pembedahan, yang juga dapat meningkatkan risiko diabetes.”

Di seluruh dunia, sekitar satu dari 10 orang dewasa menderita diabetes.

Sebagian besar penderita diabetes tipe 2, yang dikaitkan dengan obesitas dan penuaan dan terjadi ketika pankreas tidak dapat menggunakan atau membuat cukup banyak hormon insulin untuk mengubah gula darah menjadi energi. Jika tidak diobati, diabetes dapat menyebabkan kerusakan saraf, amputasi, kebutaan, penyakit jantung dan stroke.

Dalam studi saat ini, risiko diabetes bervariasi menurut jenis kanker.

Dengan kanker pankreas, peningkatan risiko diabetes lebih dari lima kali lipat, sementara itu kira-kira dua kali lipat untuk keganasan hati dan ginjal.

Tumor kandung empedu dan paru-paru dikaitkan dengan setidaknya 70 persen lebih besar risiko diabetes. Kanker payudara, tiroid dan lambung juga terkait dengan peningkatan risiko diabetes.

Waktu juga berperan, dengan 47 persen lebih besar risiko diabetes pada tahun pertama atau dua setelah diagnosis kanker. Enam hingga sepuluh tahun setelah diagnosis kanker, peningkatan risiko diabetes adalah 19 persen.

Penelitian ini bukan eksperimen terkontrol, yang dirancang untuk membuktikan apakah atau bagaimana kanker itu sendiri atau perawatan tumor mungkin secara langsung menyebabkan diabetes.

Ada kemungkinan juga bahwa beberapa orang dalam penelitian ini menderita diabetes yang tidak terdiagnosis sebelum mereka mengembangkan kanker, demikian catatan peneliti dalam Onkologi JAMA.

“Sejumlah besar orang hidup dengan diabetes, tetapi tidak tahu tentang itu karena mereka tidak memiliki gejala,” kata Tahseen Chowdhury, seorang peneliti di Rumah Sakit Royal London di Inggris yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Meski begitu, temuan itu menambah semakin banyak bukti yang menghubungkan kanker dengan diabetes, kata Chowdhury melalui email.

“Terapi kanker seperti steroid, dan banyak kemoterapi dan program radioterapi dapat meningkatkan kadar glukosa (atau gula darah),” kata Chowdhury. “Ini mungkin sebagian menjelaskan tautan.”

“Faktor yang lebih penting mungkin adalah bahwa banyak dari pasien ini yang sering dilihat (oleh dokter) dan memiliki banyak tes darah, yang mungkin berarti diabetes mereka diambil lebih cepat daripada orang yang tidak memiliki banyak tes darah,” kata Chowdhury menambahkan.***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *