Connect with us

Feature

Dari Sniper Jadi Penulis: Keberanian ‘Singa’ Perempuan Kurdi Memerangi ISIS

Published

on

Joanna Palani, menuliskan kisahnya dalam sebuah buku.

HAL paling menonjol dari seorang Joanna Palani, mantan sniper (penembak jitu) untuk Unit Perlindungan Wanita Kurdi [YPJ], yang berjuang melawan kelompok Negara Islam (ISIS) di Suriah, adalah sikapnya yang tak kenal takut.

Joanna adalah perempuan  Kurdi yang berasal  dari  provinsi  Kermanshah.  Joanna lahir di gurun Ramadi di Irak, dekat dengan perbatasan Yordania.

Keluarganya  terlibat dalam pertempuran  yang dimulai pada pemimpin Iran  Khomeini yang memerangi  Kurdi Sunni. “Keluarga kami membayar mahal dengan darah,” katanya seperti dituturkan kepada The New Arab.

“Ayah dan kakekku adalah pejuang Peshmerga … Pada akhirnya, kami harus meninggalkan Kermanshah ke Ramadi.”

Pada tahun 1996, pada usia tiga tahun, Joanna  pindah ke Denmark sebagai bagian dari program kuota pengungsi PBB.

“Sebelum  datang ke Denmark, saya ingat bahwa saya telah  berjanji pada diriku sendiri untuk membuat perbedaan. Ini adalah rencanaku sebagai anak berusia tiga tahun, ketika aku hanya seorang gadis yang menggali lubang di gurun untuk air.”

Seiring bertambahnya usia, dia berusaha  menentang masyarakat patriarkal yang dia yakini memerintah di mana-mana di Timur Tengah, mengutip revolusi seksual yang dilakukan oleh milisi yang semuanya perempuan dengan ideologi yang sama secara global.

 

“Saya  menjadi  militan sejak saya remaja, tetapi saya kemudian menjadi sniper selama pertempuran terakhir saya di Suriah. Saya dilatih oleh banyak kelompok di Kurdistan dan di luar wilayah Kurdi.”

Terlepas dari aspirasinya, apakah Joanna sadar akan konsekuensi bergabung dalam  perjuangan melawan kelompok Negara Islam (ISIS)?

“Dulu pikiranku tentang konsekuensi sebagian besar berisi kemungkinan saya  ditangkap oleh ISIS. Tidak akan pernah aku percaya bahwa hasil, yang berdampak pada hidupku, akan muncul dari orang yang aku cintai.”

Bahkan, dia dengan yakin mengatakan bahwa ISIS tidak akan pernah bisa menyakiti dirinya dengan cara mendalam yang dimiliki komunitasnya sendiri.

Setelah kembali ke Denmark dari Suriah, dia merasa ditinggalkan. Dia kesepian, tidak punya uang, tidak punya ID, tidak ada tempat tinggal dan menghadapi penolakan dari lingkaran sosialnya. Meskipun sebagai pengungsi  dia  kembali menerima bantuan dari pihak  Denmark, dalam kasusnya dia merasa itu adalah kekacauan.

“Saya tidak pernah memiliki orang yang datang menghampiri jalannya pengadilan saya. Negeri  yang  saya berjuang mempertaruhkan hidup saya, sekarang mengambil kebebasan saya tanpa alasan. Saya hampir ditangkap di bank, setelah mencoba mengambil uang  dari   akun saya sendiri untuk membeli makanan. Sampai sekarang, saya tidak punya kartu bank atau kartu pelajar – secara teknis saya tidak punya apa-apa, “jelasnya.

“Dengan segala hormat kepada dunia Barat, saya tidak melihat Denmark, sehingga sangat sulit bagi saya untuk menjadi warga sipil di sini tanpa kemungkinan yang sama untuk tinggal di sini sebagai salah satu.”

Ratusan pejuang muda yang bepergian untuk bergabung dengan kelompok-kelompok ekstremis di Timur Tengah, terutama di Suriah, muncul dari Denmark, tetapi alih-alih berfokus pada hukuman, pengawasan, dan pencegahan bagi mereka yang kembali, negara memilih untuk lebih berkonsentrasi pada reintegrasi.

Denmark memperkenalkan apa yang disebut model Aarhus dengan tujuan untuk menciptakan kepercayaan antara pihak berwenang dan lingkaran sosial di mana kaum radikal beroperasi. Model ini berfokus pada inklusi dan bekerja dengan komunitas untuk membawa orang-orang muda yang mungkin menjadi kecewa dan berisiko dari radikalisasi.

Di bawah program ini, orang-orang seperti pejuang yang kembali atau “radikal” yang ingin berperang di luar negeri, ditugaskan sebagai mentor terlatih dan juga dapat menerima konseling psikologis. Tetapi Joanna mengatakan dia tidak ditawari opsi apa pun setelah kepulangannya.

“Yang lain telah diurus, sedangkan saya dihukum. Saya tidak hanya memperjuangkan iman atau bangsa saya sendiri, tetapi juga untuk dunia luar yang terancam oleh kelompok Negara Islam.

“Saya tidak dapat menyangkal keputusan itu dibuat sepenuhnya oleh diri saya sendiri … Saya harus berpegang teguh pada itu dan menjaga kepala saya tetap tinggi,” tambah Joanna. Dia juga menekankan peran pihak berwenang dalam menjaga masa muda mereka.

“Pemerintah harus memastikan bahwa ada hasil progresif dengan program anti-radikalisasi mereka.”

Joanna menjelaskan bahwa dia tidak melihat dirinya menjadi ancaman bagi Denmark dan tidak memiliki catatan kriminal sebelumnya, tetapi dia dijatuhi hukuman sembilan bulan penjara dan dilarang meninggalkan Denmark dengan paspornya diambil.

Sekarang dia bilang dia hanya ingin fokus membangun kembali dirinya setelah mengalami “banyak pengkhianatan”.

Sehubungan dengan memoarnya, dia berkata: “Ini satu cerita dengan satu wanita dan satu suara.” Tetapi mencoba meletakkan pena di atas kertas untuk menulis ceritanya datang pada masa yang sulit. Dia merasa terisolasi, kurang tidur dan menderita depresi semua karena kesulitan dan reaksi yang dihadapinya sebagai pejuang yang kembali.

Namun, dia bersikeras. “Jika kisah saya membawa perhatian pada revolusi seksual di Timur Tengah, saya akan senang. Saya berharap gadis-gadis lain akan maju untuk mengangkat kisah mereka,” katanya.

Kisah Joanna Palani adalah kisah yang memancing pemikiran yang membuat Anda bertanya-tanya berapa harga yang harus dibayar untuk berjuang demi kebebasan melawan ekstremisme. Tidak salah mengatakan bahwa dia telah membayar mahal untuk membela apa yang menurutnya benar. Seperti ungkapan terkenal: “Teroris satu orang adalah pejuang kebebasan orang lain.” ****

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *