Connect with us

Kabar

California Masukkan Herbisida sebagai Penyebab Kanker

Published

on

 

GLYPHOSATE, sebuah herbisida dan bahan aktif untuk membasmi  gulma yang produksi Roundup Monsanto Co dan sangat populer itu, per tanggal 7 Juli 2017 di California Amerika Serikat akan ditambahkan dalam  daftar bahan kimia  yang diketahui sebagai menyebabkan kanker efektif pada tanggal 7 Juli, demikian Kantor Penilaian Kesehatan Lingkungan (OEHHA) California.

Sementara itu pihak Monsanto berjanji untuk melanjutkan pertarungan  hukumnya, terkait dengan  aturan dalam undang-undang negara bagian tersebut yang dikenal dengan Proposisi 65. Mosanto menganggap, keputusan Califoria tersebut  “tidak beralasan berdasarkan sains dan hukum.”

Masuknya produk Mosanto dalam daftar tersebut, menjadi kemunduran hukum terbaru untuk perusahaan benih dan bahan kimia itu, yang telah menghadapi tuntutan litigasi yang meningkat mengenai glifosat sejak Organisasi Peneliti Internasional untuk Organisasi Kesehatan Dunia  mengatakan bahwa itu “mungkin bersifat karsinogenik” dalam sebuah keputusan kontroversial pada tahun 2015.

Awal Juni lalu  Reuters melaporkan, bahwa ilmuwan yang memimpin kajian IARC mengetahui data baru yang tidak menunjukkan adanya hubungan antara glifosat dan kanker. Tapi dia tidak pernah menyebutkannya, dan agensi tersebut tidak memperhitungkan informasi, karena belum dipublikasikan dalam jurnal ilmiah. IARC menggolongkan glifosat sebagai “kemungkinan karsinogen”, dan ia adalah satu-satunya regulator kesehatan utama yang melakukannya.

Dicamba, yang dimanfaatkan sebagai pemusnah gulma,  dirancang untuk digunakan dengan tanaman biotek generasi Monsanto. Produk ini  berada di bawah pengawasan di Arkansas, setelah dewan pabrik negara bagian tersebut pada pekan lalu memilih  untuk melarang bahan kimia tersebut.

OEHHA mengatakan, penetapan glyphosate di bawah Proposition 65 akan berlanjut, setelah  Monsanto  gagal  memblokir pencatatan di pengadilan dan setelah permintaan untuk tinggal, ditolak oleh pengadilan banding negara bagian dan Mahkamah Agung California.

Banding Monsanto atas putusan pengadilan tertunda.

“Ini bukan langkah terakhir dalam prosesnya, dan ini tidak berpengaruh pada manfaat kasus ini. Kami akan terus menantang keputusan yang  tidak benar ini,” kata Scott Partridge, wakil presiden strategi global Monsanto.

Dengan menampilkan glifosat sebagai karsinogen, yang dikenal di bawah Proposisi California 65, akan mewajibkan perusahaan yang menjual bahan kimia di negara bagian tersebut untuk menambahkan label peringatan ke kemasannya. Peringatan juga akan diperlukan, jika glifosat disemprotkan pada tingkat yang dianggap tidak aman oleh regulator.

Penggunaan bahan kimia ini meliputi untuk landscapers, lapangan golf, kebun buah-buahan, kebun anggur dan peternakan.

Monsanto dan produsen glifosat lainnya,  kira-kira punya waktu setahun dari tanggal pencatatannya untuk memberi label ulang produk atau menghapusnya dari rak-rak toko, jika ada tuntutan hukum lebih lanjut.

Monsanto belum menghitung biaya untuk melakukan pelabelan ulang dan tidak mengeluarkan data penjualan glifosat, kata Partridge. Sementara itu kelompok penggiat lingkungan menyambutkan,  langkah OEHHA untuk mencantumkan bahan kimia tersebut sebagai tepat.

“Keputusan California tepat untuk menjadikannya memimpin secara nasional dalam melindungi orang dari pestisida penyebab kanker,” kata Nathan Donley, seorang ilmuwan senior di Center for Biological Diversity.***

Reuters

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *