Connect with us

Feature

Bumi Jawara Terendam

Published

on

HAMPIR semua kota dan kabupaten di Provinsi Bumi Jawara, Banten terkepung banjir setelah hujan lebat turun pada dinihari hingga pagi hari, Selasa (21/2). Ribuan rumah dan sawah pun terendam dengan ketinggian air antara setengah hingga satu setengah meter.

Di Serang, banjir dengan ketinggian selutut orang dewasa merendam rumah pribadi Wakil Walikota Serang, Sulhi Choir di Komplek Untirta, RT 001 RW 007, Kota Serang. Begitupun dengan kawasan wisata Pantai Anyer di Desa Bandulu. Kawasan perumahan di Kecamatan Kibin, Serang Timur juga terendam setengah meter lebih.

“Penyebab banjir, hujan dengan intensitas tinggi dan sistem drainase yang buruk. Di samping, pendangkalan dan penyumbatan. Maka penanganannya antara lain melalui normalisasi sistem drainase,” kata Jhiny Arya Ewangga, petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Serang, Selasa (21/2).

Di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), ratusan rumah di Perumahan Kampung Bulak, Perumahan Maharta dan Perumahan Jurang Mangu Permai, terendam banjir hingga setinggi 70 sentimeter.

Sementara di Kota Cilegon ribuan rumah dan beberapa sekolah pun terpaksa diliburkan. Seperti SDN Masigit I di Kecamatan Jombang, SMPN 6 Kota Cilegon di Kecamatan Merak. Begitu pun dengan kondisi beberapa ruas jalan di perkotaan, mengalami genangan air dengan ketinggian antara tiga puluh sampai lima puluh centimeter.

Di Kabupaten Tangerang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengabarkan debit air meninggi di sejumlah kali dan sungai. Ribuan rumah berada di Kecamatan Ciledug, Cipondoh, Jatiuwung dan Kecamatan Periuk Kota Tangerang juga tak luput dari sentuhan banjir antara 50 hingga 60 cm. Beberapa ruas jalan tertutup banjir.

Di Kabupaten Lebak, banjir menenggelamkan ratusan rumah warga Kampung Barangbarang, Kelurahan Muhara Ciujung Timur (MCT), Kecamatan Rangkasbitung ketinggian air antara dari 50 centimeter hingga satu meter. Di Kabupaten Pandeglang, dua Desa di Sumur terendam. Ketinggian air di Desa Sinarjaya dan Kertajaya, Kecamatan Sumur mencapai 70 cm dan merupakan banjir terparah. ***

Continue Reading
Advertisement
1 Comment

1 Comment

  1. Sam

    February 21, 2017 at 11:12 pm

    Fotonya bagus banget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *