Connect with us

Hankam

Budget Militer AS dan China Paling Boros

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Pengeluaran militer global terus meningkat, dalam dua tahun terakhir ini, dan mencapai tingkat tertinggi sejak tahun 1988.

Menurut temuan Stockholm International Peace Research Institute, total pembelanjaan militer global naik 76% dari level terendah pasca-Perang Dingin di tahun 1998.

Amerika Serikat, Cina, Arab Saudi, India, dan Prancis menjadi yang terdepan dalam pengeluaran militer mereka, dan menyumbang 60% dari total pengeluaran global pada 2018. Pengeluaran militer AS naik untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun terakhir ini, yakni sebesar 4,6%, mencapai $ 649 milyar.

AS “sejauh ini adalah pemboros terbesar di dunia,” menyumbang 36% dari total alokasi dana militer, menghabiskan hampir sebanyak gabungan delapan negara berikutnya, tulis para peneliti.

Amerika menghabiskan $ 649 miliar pada 2018; China, yang berada di urutan kedua dalam daftar, menghabiskan $ 250 miliar.

Secara bersama-sama, AS dan Cina mengalokasikan setengah dari pengeluaran militer dunia. Beijing menghabiskan sebanyak yang digabungkan di seluruh dunia.

“Peningkatan signifikan dalam pengeluaran” militer kedua negara itu mendorong total pengeluaran militer global naik 2,6% dari 2017, kata para peneliti.

Pengeluaran militer global terus meningkat, tumbuh untuk tahun kedua berturut-turut dan mencapai tingkat tertinggi sejak angka-angka global yang dapat diandalkan tersedia pada tahun 1988. Itulah temuan laporan baru yang dikeluarkan oleh Stockholm International Peace Research Institute. Total pembelanjaan naik 76% dari level terendah pasca-Perang Dingin di tahun 1998.

Amerika Serikat, Cina, Arab Saudi, India, dan Prancis memimpin dunia dalam pengeluaran militer, menyumbang 60% dari total pengeluaran pada 2018. Dan pengeluaran militer AS naik untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun, sebesar 4,6%, mencapai $ 649 milyar.

AS adalah “sejauh ini pemboros terbesar di dunia,” menyumbang 36% dari total, menghabiskan hampir sebanyak delapan negara berikutnya digabungkan, tulis para peneliti. AS menghabiskan $ 649 miliar pada 2018; China, yang berada di urutan kedua dalam daftar, menghabiskan $ 250 miliar.

Bersama-sama, AS dan Cina merupakan setengah dari pengeluaran militer dunia, menghabiskan sebanyak yang digabungkan di seluruh dunia. Bahkan, “peningkatan signifikan dalam pengeluaran” oleh kedua negara mendorong total pengeluaran militer global naik 2,6% dari 2017, kata para peneliti.

Presiden Trump saat berkampanye berjanji untuk meningkatkan belanja pertahanan dan mengusulkan kenaikan lebih dari $ 50 miliar tak lama setelah menjabat.

Pada 2018, Kongres memberi militer tambahan $ 61 miliar dalam alokasi – memberi AS apa yang oleh Menteri Pertahanan Jim Mattis disebut sebagai “anggaran militer terbesar dalam sejarah.”

Trump tahun ini telah mengusulkan peningkatan pengeluaran militer sebesar $ 33 miliar – ada peningkatan 5%. Pada saat yang sama, Trump mengusulkan pemotongan pengeluaran untuk diplomasi dan pengembangan sebesar $ 13 miliar, atau 23%. Trump juga mengkritik sekutu Amerika di NATO karena tidak menghabiskan cukup uang untuk pertahanan. ***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *