Connect with us

Ekonomi & Bisnis

Baru, Kulineran di Walahar

Published

on

JAKARTA memang kota serba ada. Termasuk spot kuliner yang lengkap, tinggal selera saja yang menentukan ke mana kaki dilangkahkan. Kini, masyarakat Jakarta memiliki satu referensi baru pusat kuliner. Lokasinya berada di Jalan Bendungan Walahar, Kelurahan Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Pusat kuliner yang menampung 65 pedagang binaan ini, diresmikan Pemkot Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. Uniknya, pembangunan pusat kuliner ini tidak membebankan para pedagang. Karena mulai dari pembangunan sampai fasilitas berjualannya  seperti meja, kursi, etalase, termasuk kulkas, diberikan secara gratis melalui prograrm corporate social responcibility (CSR).

“Ini kerja sama, pembangunan dan biaya dari pihak swasta. Kami cuma memfasilitasi tempat fasos fasum agar bagaimana PKL itu bisa tertata sesuai dengan Pergub 10 tahun 2015,” jelas Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta, Irwandi.

Ditambahkan Irwandi, sebagai binaan Pemprov DKI, pedagang dikenakan retribusi melalui autodebet Bank DKI senilai Rp 3.000 sehari atau Rp 90.000 sebulan. Di samping itu, seluruh pedagang di pusat kuliner ini telah diberikan pelatihan baik seperti penyajian makanan dan menjaga kebersihan.

Soal kebersihan dan kesehatan makanan, Anda tak perlu khawatir. Sebab, pengawasan makanan dilakukan oleh Laboratorium Kesehatan Daerah Pemprov DKI Jakarta. Nantinya dalam waktu tiga bulan sekali akan diperiksa kandungan atau bahan pada produk makanan dan minuman yang mereka jual.

“Pedagang juga harus menjaga ketertiban dan kenyamanan. Termasuk menjaga kualitas dagangannya, mulai dari bahan pokok hingga penyajian kepada pembeli. Kalau rame yang beli kan ekonomi pedagang juga yang meningkat,” ungkap Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara mengomentari. ***

Continue Reading
Advertisement
1 Comment

1 Comment

  1. Iyet

    February 19, 2017 at 5:01 pm

    Ada warung Raden. Cobain deh enak dan murah meriah. Nasgor ikan teri top bgt, mie goreng dan ayam mentega Ok juga. Rasa enak harga terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *