Connect with us

Feature

Asia Atasi Masalah Plastik dengan Kearifan Lokal dan Teknologi

Published

on

PENEMUAN kerta China, bubuk mesiu, mie, dan beberapa klaim, golf, tapi itu jelas bukan itu plastik. Penggunaan plastik di Asia, sepenuhnya adalah barang yang mulanya diimpor Barat, dan pada awalnya dipandang paling berguna di Asia. Pada kenyataannya,  plastik sekarang ini menjadi salah satu yang paling mengganggu di Asia, di dunia bahkan.

Beberapa tanggapan di kawasan Asia  terhadap penggunaan plastik yang sembrono, kini telah melibatkan teknologi baru, sementara yang lain memanfaatkan berbagai budaya dan kerajinan Asia untuk melawan kebiasaan penggunaan plastik.

Di Thailand utara, Phairoj Phatsorpinyosakul, menjalankan jaringan Rimping Supermarket  di sekitar Chiang Mai. “Kami mendorong pelanggan untuk menghindari penggunaan kantong plastik, dan kami membuat sumbangan amal sebesar 0,5 baht setiap kali mereka melakukannya,” katanya kepada wartawan lokal.

“Kantong  kami dan wadah untuk makanan laut dan produk daging, semuanya 100% biodegradable,” tambahnya.

Poramet Sai-Uparach, atau dikenal dengan sebutan Mr. Leaf of Leaf Creation, tahun lalu memenangkan Prime Minister’s Export Award  untuk berbagai produk –seperti tas, penutup lampu, wallpaper, furnitur— semuanya terbuat dari daun tong yang kuat (semacam daun pohon jati) yang banyak tersedia di Thailand utara.

Di India, para pengusaha datang dengan alat makan yang bisa dimakan dan tas “plastik”. Di kantornya di Bangalore, Ashwath Hegde, 25 tahun, makan tas yang terbuat dari tepung tapioka dan sayuran. Bahannya juga bisa dibakar dengan aman, dan larut dalam air panas.

Perusahaan multinasional besar juga meningkat. KFC Singapore mengumumkan pada bulan Juni lalu bahwa mereka tidak akan lagi menyediakan sedotan sebagai bagian dari “Inisiatif Tanpa Sedotan.”

IKEA berencana menghapus secara bertahap plastik berbasis minyak dari 363 toko furnitur dan restorannya di seluruh dunia pada tahun 2020.

Banyak produk pengganti akan bersumber dari Asia. Sedotan bambu yang dapat digunakan kembali, siap untuk membanjiri  pasar.

Di Kamboja, sebuah konsorsium berbasis industri perhotelan meluncurkan kampanye RefillNotLandfill pada tahun 2015 untuk mempromosikan penggunaan botol air minum dari logam dan merek perusahaan lainnya. Proyek ini telah tersebar di seluruh wilayah dan melibatkan hampir 700 stasiun isi ulang di pusat-pusat pariwisata. Di Kamboja, sekitar 110.000 botol telah terjual hingga saat ini.

Untuk konsumsi ramah lingkungan, bebas plastik, sulit untuk mengalahkan makan makanan dengan tangan dari daun pisang. Makanan penutup Asia masih  yang dijual  masih banyak dibungkus dengan daun dan bambu.

Beberapa kapal makanan tradisional Asia mendapatkan nilai lingkungan yang tinggi. Rantantangan logam, dabbas ( di India)  masih banyak digunakan untuk membawa seluruh makanan di India, Indonesia, Malaysia, Timur Tengah,

Masyarakat India menggunakan dabbas untuk melayani langganan katering makanan,

Myanmar, Thailand dan Singapura. Di Jepang, kotak bento yang dapat digunakan kembali dengan mudah mengalahkan makan siang kemasan Barat di Tupperware.

Beberapa perusahaan memberdayakan pelanggan mereka dengan cara yang paling sederhana. Foodpanda, sebuah perusahaan pengiriman makanan di Thailand yang memperoleh lebih dari 100 restoran, merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tanggal 5 Juni dengan memberikan pilihan pada alat-alat makan plastik.

“Kebanyakan orang menikmati makanan di rumah atau kantor mereka di mana alat makan sudah tersedia, yang berarti yang plastik segera dibuang,” kata Bonnie Sananvatananont, yang mengawasi inisiatif itu.

Para pendukung percaya setiap inisiatif kecil membantu dalam perang dengan plastik yang boros. “Jika Anda hanya mengambil satu, itu mungkin tampak seperti penutup jendela,” kata Jerker Tamelander, dari Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa. “Masalahnya begitu luas, dan menyentuh begitu banyak bagian dari masyarakat kita, Anda membutuhkan keragaman ini.”

 

Model rantangan yang acap dipakai masyarakat Indonesia. Tradisi jadul ini perlu disosialisasikan lagi.

David Attenborough, naturalis dan pembuat film dokumenter Inggris mengatakan: “Perbuatan salah satu dari kita mungkin tampak sepele dan tidak berpengaruh. Tetapi pengetahuan bahwa ada ribuan, ratusan ribu orang yang melakukan hal yang sama. – Itu benar-benar memiliki efek. ”

Pada bulan Februari, Gereja Inggris mendorong para jemaat saat mendekati Prapaskah untuk “meninggalkan  plastik sekali pakai – guna mengurangi tindakan yang merusak ciptaan Tuhan.”

Pada bulan Juni, dua organisasi Muslim terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, mendukung kampanye untuk mengurangi sampah plastik sebagai “sejalan dengan nilai-nilai Islam.”

Dengan kesepakatan luas semacam itu, kebenaran plastik berada di jalur untuk menjadi doktrin universal sekuler.**

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *