Connect with us

Kabar

Facebook Larang Ejek Orang Sakit atau Cacat

Published

on

Facebook kini  melarang penggunanya memposting foto dan gambar yang mengejek orang, karena penyakit atau  kondisi kesehatan serius lainnya. Pihak Facdebook seperti dikutip Guardian  mengungkapkan, kebijakan privasi itu  telah diubah  dalam beberapa bulan terakhir,  namun menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut.

Facebook menanggapi hal ini setelah Guardian mempresentasikannya dengan contoh-contoh dari dokumen internal yang bocor, yang menyarankan  moderator untuk mengabaikan gambar tertentu yang mengolok-olok penyandang cacat. Manual tersebut memuat foto penderita Down’s syndrome. Pihak Facebook menyatakan,  bahwa gambar-gambar semacam itu  “tidak diperbolehkan” dan sekarang akan diturunkan.

Dalam pedoman terbarunya,  foto seseorang yang cacat dan berikut judul yang mengejek, akan dihapus Facebook apabila ada laporan keberatan dari pengguna atas hal ini. Tapi, ucapan yang bernada mengejek,  tidak harus dihapus.

“Kami meminta orang-orang yang mendiskusikan topik ini, dengan cara yang tidak menyinggung parasaan orang lain sensitif, untuk melakukannya secara transparan, sehingga orang lain dapat terlibat atau memberikan chalenge  mereka,” kata Facebook. “Jika Anda membuat lelucon di Facebook, Anda tidak dapat melakukannya secara anonim. Kami memaksa Anda untuk menunjukkan  nama Anda di sebelahnya, jika tidak, kami akan membatalkan publikasi halaman ini. ”

Dokumen juga menunjukkan, bahwa di  situs tersebut memungkinkan penggunanya untuk “berbagi rekaman atas bullying fisik” terhadap anak-anak di bawah usia tujuh tahun, namun dengan syarat, asalkan tidak ada keterangan.

Kelompok media sosial telah memutuskan, bahwa siapa pun yang memiliki lebih dari 100.000 pengikut di platform media sosial, adalah tokoh masyarakat, dengan “tidak ada pengecualian untuk anak di bawah umur”.

Masalah tidak adanya wilayah  abu-abu inilah yang membuat  para ahli mendesak Facebook untuk mengubah kebijakan moderasi. Kelompok  buruh Yvette Cooper termasuk di antara mereka yang meminta lebih banyak transparansi dari perusahaan tersebut, setelah menerima informasi  Guardian ini. Rinciannya muncul dalam dokumen, yang menjelaskan bagaimana Facebook mencoba menangani posting yang “kejam”, tidak sensitif dan kasar di situs ini.

Manual pelatihan untuk moderator mengatakan, Facebook menganggap bullying sebagai “serangan terhadap orang-orang pribadi dengan maksud untuk mengecewakan atau membungkam mereka”. Tapi masalahnya, bahwa jika ini menyangkut pribadi, bukan tokoh.

Menurut dokumen tersebut, tokoh masyarakat termasuk politisi, jurnalis, orang-orang “dengan 100.000 penggemar atau pengikut di salah satu akun media sosial mereka”, atau orang-orang “yang disebutkan [dengan nama atau judul] dalam judul atau subjudul dari lima atau lebih berita Artikel atau bagian media dalam dua tahun terakhir “.

Di bawah judul “Orang-orang dikecualikan dari Perlindungan”, pada salah satu dokumen ditambahkan bahwa: “Kami ingin mengecualikan orang-orang tertentu yang terkenal atau kontroversial dengan hak mereka sendiri dan tidak layak mendapatkan perlindungan kami.”

Jenis kelompok dan individu yang dikecualikan dari perlindungan seperti  yang terlibat dalam pembunuhan  massal Charles Manson, Osama bin Laden, pemerkosa dan pelaku kekerasan dalam negeri, pemimpin politik dan agama sebelum tahun 1900 dan orang-orang yang melanggar peraturan terkait dengan ujaran  kebencian.

Dokumen tersebut mengatakan, para pesohor  seperti penyanyi Rihanna dapat dilindungi, jika memposting tentang mereka termasuk foto mereka, dan disertai dengan sebuah caption yang sesuai dengan “topik kekejaman”.

Slide tersebut menjelaskan: “Rihanna terkenal dengan haknya sendiri, karena menjadi seorang penyanyi. Dia juga korban kekerasan dalam rumah tangga. Anda bisa mengejeknya karena nyanyiannya, tapi bukan karena ia menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga. ”

Namun, dokumen moderator  tidak harus secara otomatis menghapus sebuah posting, jika yang ditandai,  dengan berbunyi, “Rihanna, mengapa Anda bekerja dengan Chris Brown lagi? Beats me “- selama gambar yang digunakan dalam posting bukan dari penyanyi.

Monika Bickert, kepala manajemen kebijakan global di Facebook, mengatakan: “Kami mengizinkan pidato yang lebih kuat di sekitar tokoh masyarakat, namun kami masih menghapus pidato tentang tokoh masyarakat yang melampaui  batas kepantasan pembicaraan, ancaman, atau pelecehan yang membenci. Ada sejumlah kriteria yang kita gunakan untuk menentukan siapa yang kita anggap sebagai figur publik. ”

Dokumen tersebut juga memberitahu moderator, untuk secara otomatis menghapus posting yang dilaporkan kepada mereka yang menggabungkan foto individu dengan nada kasar tentang hal itu. Misalnya, gambar seorang wanita tak dikenal, yang diambil dari belakang, yang pada bagian belakangnya tampak darah haid, dapat ditinggalkan di tempat, dengan alasan bahwa “menstruasi dan tidak ada konteks tambahan = abaikan”.

Dokumen lain menjelaskan apa yang diperbolehkan seputar bullying fisik. Dikatakan “berbagi cuplikan bullying fisik di mana tidak ada komentar lebih lanjut”, diperbolehkan. Moderator juga harus mengabaikan gambar bullying fisik seorang anak di bawah usia tujuh tahun, bahkan jika mereka memasukkan komentar yang tidak baik- seperti tawa dan pemanggilan nama.

Pada satu  slide lainnya menunjukkan gambar seorang pegulat Amerika yang terkenal dengan marah merobek bajunya, dengan judul: “Ketika Anda mengetahui anak perempuan Anda menyukai orang kulit hitam.” Facebook mengatakan bahwa hal ini dapat diabaikan,  karena pegulat tersebut  bukanlah warga kulit  hitam.

Foto lain menunjukkan kepada orang tua dan anak-anak yang melarikan diri dari penembakan di AS, dengan judul yang berbunyi: “Semoga orang tua menyimpan tanda terima natal mereka.” Facebook mengatakan ini tidak harus dihapus, karena anak-anak di foto “adalah korban yang selamat. Jika orang yang digambarkan dalam gambar adalah korban tindakan, ini  akan dihapus “, jika ada pengguna mengeluhkannya.

Facebook mengatakan: “Kami menyadari bahwa … [beberapa] lelucon mungkin dianggap kejam dan tidak sensitif, dan garis antara satire, humor, dan konten yang tidak pantas, itu bisa menjadi abu-abu.”

Facebook juga bersikeras tidak akan membiarkan ejekan terhadap orang-orang cacat. Itu adalah kebijakan U-turn on yang ditetapkan dalam dokumen yang diberikan kepada moderator dalam 12 bulan terakhir.

Sebelumnya, moderator diberi tahu: “Kami tidak menghapus foto dimana ada PDITI [orang yang digambarkan dalam gambar] yang diejek karena penyakit serius atau cacat tubuh.”

Dokumen tersebut menyertakan gambar orang-orang yang menderita sindrom Down disertai dengan mocking caption; Moderator diberi tahu bahwa mereka tidak perlu menghapus posting tersebut,  jika ada laporan keberatan.

Ketika ditanya mengenai  hal ini, Facebook mengatakan  bahwa kebijakan tersebut tidak lagi diterapkan dan telah “diubah  dalam beberapa bulan terakhir”. Seorang juru bicara mengatakan: “Gambar-gambar ini tidak diperbolehkan.”

 

 

 

 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *