Connect with us

TELKO

AMSI Kecam Peretasan Tempo.co

Published

on

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) mengecam aksi peretasan terhadap Tempo.co pada Kamis dini hari (11/5/2017), terlebih dengan menyertakan usaha adu-domba melalui foto yang dipajang di laman situs berita tersebut.
Ketua Presidium AMSI Wenseslaus Manggut dalam keterangan tertulisnya menyatakan, cara-cara adu-domba seperti yang dilakukan oleh peretas Tempo.co tersebut, tidak saja menganggu kenyamanan para pengelola media itu, tapi juga berpotensi menganggu kenyamanan publik.

Sebagaimana diketahui, peretas menempatkan foto Habib Rizieq yang dikelilingi sejumlah ustad lainnya, namun menempatkan pesan tuntutan agar Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dibebaskan. “Bebaskan Ahok,” demikian tulis peretas dengan penempatan di bawah foto Rizieq dkk. Seolah-olah Rizieq meminta Ahok dibebaskan, padahal dalam fakta politiknya, Rizieq dkk menuntut agar Ahok dipenjarakan.

Manggut mengatakan, akibat aksi peretasan itu, publik telah kehilangan sumber berita. Di lain pihak, Tempo.co sendiri pun dirugikan dalam banyak hal, yaitu kehilangan pembaca dan potensi bisnis. “Upaya peretasan ini membunuh hak publik untuk mengakses informasi yang disajikan oleh media itu,” katanya.

Manggut menambahkan, sebagai media kredibel, Tempo.co menerapkan azas jurnalisme yang benar dalam seluruh tata kerja memproduksi sebuah berita. Seharusnyalah segala keberatan terhadap konten yang dipublikasikan, ditempuh dengan mekanisme yang sudah ditentukan oleh Undang-undang Pers No.40 tahun 1999. Atas kasus ini, AMSI mendesak Polri memburu para pelaku dan menindaknya sesuai dengan hukum yang berlaku di negara ini.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *