Connect with us

Kabar

Aditya Ahmad Raih Film Pendek Terbaik di Venice International Film Festival

Published

on

Aditya Ahmad Raih Film Pendek Terbaik di Venice International Film Festival–foto istimewa

Kabar gembira datang dari Italia, Sabtu 8 September 2018. Film pendek produksi Miles Films karya sutradara muda Aditya Ahmad terpilih sebagai Film Pendek Terbaik di kompetisi Orizzonti, 75th Venice International Film Festival.

Selain Aditya Ahmad yang akrab dipanggil Adit, Mira Lesmana dan Riri Riza selaku produser film KADO, juga Isfira Febiana dan Adin Amaruddin selaku pemeran utama dan manajer produksi film tersebut, pun turut serta hadir di Venesia untuk menghadiri perhelatan istimewa dan bergengsi itu.

Mira dan Riri mengaku bangga film karya Aditya Ahmad ini mampu mengalahkan 12 film pendek finalis lainnya, “KADO bersaing dengan film-film dari berbagai negara yang juga istimewa, jadi kemenangan ini sungguh kebanggan bukan hanya untuk kami, tapi juga untuk kita, Indonesia”, ujar Mira Lesmana.

Adit juga sangat berbahagia, “Saya sungguh tidak menyangka. Selain  berhasil memenangkan penghargaan bergengsi ini, saya juga mendapat kesempatan berada dalam satu ruangan dan berkenalan dengan sutradara-sutradara ternama dunia seperti Alfonso Cuarón (sutradara terbaik Oscar 2014 untuk film Gravity dan pemenang Golden Lion untuk film terbarunya Roma di Venesia) dan Guillermo del Toro (The Shape Of Water, film terbaik Oscar 2018).

Mereka begitu ramah dan memberikan ucapan selamat kepada saya”.

Aditya Ahmad sendiri bukanlah nama asing di sirkuit festival film Indonesia, maupun dunia. Tahun 2014 film pendek berjudul Sepatu Baru yang juga dibintangi Isfira Febiana dibuat Adit sebagai tugas akhir syarat  kelulusan dari Institut Kesenian Makassar.

On Stopping The Rain, demikian judul film tersebut dalam bahasa inggris, sukses menuai pujian, diantaranya Special Mention di kategori Generation Kplus yang merupakan bagian dari Berlinale, festival film internasional bergengsi di Berlin.

Film KADO, yang berjudul bahasa Inggris A Gift,  pengambilan gambarnya dilakukan di Makassar, Sulawesi Selatan dan kru serta pemainnya adalah anak-anak muda berbakat yang seluruhnya berasal dari Makassar.

Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF), Pusat Pengembangan Film Kemendikbud Republik Indonesia serta Gubernur Sulawesi Selatan Bapak Nurdin Abdullah turut mendukung keberangkatan delegasi film KADO ke Venesia sehingga dapat menerima langsung penghargaan ini.

“Pusbang Perfilman Kemendikbud akan memberikan beasiswa kepada Aditya Ahmad yang telah membanggakan,” tulis Sangupri mewakili Kapusbang. (pik)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *